Sabtu, 13 Oktober 2012

Keseimbangan Hidup

Assalamualikum sahabatku......

Hari ini libur, tapi tak seperti biasanya cuaca di Jakarta terlalu panas. Sepertinya asyik juga sambil duduk di depan jendela kamar kos yah sedikit anginpun tak apalah yang penting hari ini masih bisa melihat dunia, bersyukur.....

Kenapa judul artikel yang aku akan aku tulis ini Keseimbangan hidup, yah aku baru dapat pencerahan dari Bundaku yang bercerita tentang kehidupannya dan aku mulai memahami apa yang dikatakan bundaku tentang sebuah sebab akibat yang ada dan aku sadar itulah hukum alam, sebuah hukun keseimbangan hidup yang mestinya kita sadari dan kita bisa mengambil hikmah dan pembelajarannya.

Kenapa Allah menciptakan semua yang ada di bumi berpasanga-pasangan, dan keajaiban lainnya yang terkadang kita manusia tidak akan mampu bisa memahami tapi itulah rahasia Allah, Dialah pencipta alam semesta yang begitu indah, rapi dan seimbang.

Dalam kehidupan kita Allah telah mengatur sedemikian rupa indahnya namun seperti biasanya kita manusia terkadang tak bisa memahami atau memang sudah paham tetapi tidak mau paham. Oklah kalu begitu kita bahas lagi tentang keseimbangan hidup, sebagai contoh :

Dulu aku pernah bahkan sering disakiti orang, ketika aku belum memahaminya aku terus saja membenci orang-orang yang dulu menyakitiku. Tapi semakin aku membenci mereka, hidup semakin bahkan tidak pernah merasakan ketenangan. Saat orang-orang yang membenciku mendapatkan kebahagiaan akupun marah, kenapa Tuhan memberikan kebahagiaan kepada orang-orang yang membenciku tak jarang didalam doaku aku meminta kepada Allah untuk menghukum mereka. 

Sekian lama aku merasakan perasaan kebencian yang begitu besar, tapi setelah aku membaca sebuak kata-kata mutiara dari seorang sahabatku, dia bilang "saat kamu mengharapkan sesuatu dan kamu tidak mendapatkannya, jaganlah kamu marah dan menghujat Tuhanmu karena keinginanmu sendiri, tapi Tuhan tidak akan memberikan sesuatu yang memang bukan terbaik untukmu" disaat itu aku sadar memang benar mungkin Tuhan memberikan cobaan ini untuk aku sadar dan memperbaiki diri bukan mengnyalahkan orang lain terhadap perlakuan mereka kepadaku tetapi aku harus segera merubah diriku sendiri. Aku mulai memaafkan mereka dan mulai menghapus masa laluku dan aku sadar sekarang mereka sering menyakitiku, karena aku juga sama sering menyakiti mereka meskipun tidak secara langsung seperti mereka menyakitiku malah aku lebih kejam dari mereka aku menyakiti mereka karena doa jahatku kepada mereka yang aku panjatkan ke Allah selama ini.

 Itulah kehidupan...jika kamu pernah menyakiti seseorang kamu juga pasti akan disakiti seseorang. jangan pernah menyalahkan orang-orang yang telah menyakiti kamu apalagi menyalahkan Tuhanmu, tapi salahkanlah sendiri dirimu karena tanpa tersadar kamu juga sering menyakiti seseorang. Lebih baik meneri pembalasan di dunia dari pada kita harus mendapatkan balasan diakhirat.

itulah pelajaran tentang hukum sebab akibat kehidupan, dan keseimbangan hidup yang Allah rancang untuk kehidupan kita.Semoga bermanfaat Wassalamualaikum...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar